Aksi Satpam, menggunakan mesin antrian


aksi satpam, polisi dan teknisiAksi Satpam

“Selamat pagi. Ada yang bisa saya bantu?” Begitu biasanya seorang satpam berbadan tegap memberi sapaan hangat sembari tersenyum. Tentunya menjadi pemandangan yang tak asing saat kita akan memasuki ruang pelayanan publik. Barisan terdepan dalam pelayanan publik yang berhadapan dengan masyarakat selain satpam adalah pegawai-pegawai seperti customer services, teller, bagian informasi,  dan bahkan petugas kebersihan atau cleaning services.

Petugas satpam dapat dikatakan berada pada baris paling depan diantara semua petugas front office tersebut. Satpam selain bertugas mengamankan dan menjaga kenyamanan pelanggan sering kali juga bertugas memberikan informasi pertama kepada pelanggan pada langkah pertama memasuki ruangan pelayanan pelanggan.

Aksi Satpam

Dalam penggunaan mesin antrian Vorsea peran satpam juga terlihat sangat signifikan. Istilah aksi satpam muncul saat memperhatikan tugas satpam menghidupkan mesin antrian sehingga sistem antrian dengan baik, penggantian kertas antrian. Sampai memberi petunjuk penggunaan mesin antrian pada pelanggan juga menjadi bagian dari tanggung jawab sampingan satpam. Terlihat kesigapan seorang satpam sangat berpengaruh terhadap kenyamanan pelanggan. Satpam yang ramah sekaligus tegas akan sangat membantu pelanggan dalam menyelesaikan urusan atau permasalahan yang dihadapi di instansi tersebut.
Aksi Satpam Adira siap siagaHal di atas menjadi pengamatan teknisi mesin antrian yang bertugas melakukan instalasi di berbagai instansi di seluruh penjuru Indonesia. Tidak jarang saat terjadi masalah terhadap mesin antrian yang sedang digunakan. Paling pertama, lebih dahulu satpam yang memberi tahu teknisi sebelum karyawan departemen terkait. Satpam pula yang menjadi perpanjangan tangan atau seseorang yang dapat dipinjam matanya untuk menyelesaikan persoalan yang terjadi.

Saat pekerjaan pemasangan dilakukan, tidak jarang satpam dikerahkan turut membantu. Biasanya pekerjaan yang dilakukan pada malam hari melibatkan bantuan satpam. Daripada satpam mengantuk saat menjaga, lebih baik ada pekerjaan fisik yang bisa dilakukan. Terutama jika tenggat waktu sangat mendesak, pegawai seperti bagian office boy atau cleanning service juga dilibatkan.

Kegiatan satpam tersebut sebagian dapat didokumentasikan melalui photo dan dapat dilihat pada halaman ini. Interaksi petugas satpam dan teknisi mesin antrian saat training menggunakan alat antrian juga dapat dilihat diperhatikan.
Jelas terlihat satpam pada instansi perbankan mempunyai standar penampilan lebih tinggi daripada satpam pada instansi lain. Kelengkapan yang dimiliki seorang satpam bank juga lebih banyak. Di Bank Indonesia, satpam mendampingi petugas polisi bersenjata menjadi pemandangan yang tiap hari dijumpai.