Instalasi Mesin Antrian Rumah Sakit


Tingkat kerumitan instalasi mesin antrian rumah sakit sebagai mana institusi kesehatan lainnya seperti klinik dan puskesmas lebih tinggi daripada instansi seperti bank. Bila ruangan di bank berupa hall maka ruangan di instansi kesehatan hampir selalu berupa kamar-kamar.

Bidang pelayanan kesehatan yang dimiliki rumah sakit, klinik dan puskesmas memerlukan banyak ruang atau kamar untuk setiap jenis pelayanan yang dilakukan. Hal ini berbeda dengan instansi lain yang hanya memerlukan meja atau sekat yang diletakkan pada ruangan yang sama walaupun untuk pelayanan yang berbeda.

Setiap instansi kesehatan biasanya memiliki sistem yang berbeda. Sistem yang mereka gunakan sesuai dengan prosedur pada instansi tersebut dan lokasi instansi tersebut. Ada beberapa perbedaan alur yang umumnya diterapkan rumah sakit. Diantaranya sebagai berikut:

  1. Pembagian pasien saat pendaftaran. Ada yang menggunakan mesin antrian rumah sakit dengan pembagian pasien berdasarkan BPJS dan non BPJS. Ada yang membagi berdasarkan Balita, Umum dan Lansia. Ada juga yang dibagi berdasarkan Rawat Inap dan Rawat Jalan.
  2. Cara bayar. Sebagian rumah sakit mengharuskan pembayaran biaya dilakukan di bagian pendaftaran. Sebagian lagi menempatkan petugas kasir secara terpisah.
  3. Pengecekan tensi. Pengecekan tensi darah pasien dapat dilakukan oleh perawat secara terpisah dan dicatat diberkas pasien. Dapat pula dilakukan di ruang poli saat pasien diperiksa dokter.

Beberapa tambahan lainnya juga dijumpai di rumah sakit yang selama ini menggunakan mesin antrian. Hal tersebut harus diperhatikan agar mesin antrian rumah sakit dapat membantu memaksimalkan pelayanan.

Untuk puskesmas dan rumah sakit biasanya menggunakan sistem antrian yang berbeda antara pendaftaran dan apotek. Pada sistem antrian pendaftaran biasanya ditransfer ke poli-poli. Untuk apotek dengan sistem khusus menggunakan bardcode reader. Barcode reader dapat mempermudah untuk memanggil pemilik resep yang sudah selesai. Karena racikan obat yang selesai tidak urut dengan waktu kedatangan resep. Jadi sistem yang digunakan resep yang obatnya selesai diracik dahulu itu yang dipanggil menggunakan bardcode reader.

Mesin antrian rumah sakit merk Vorsea mampu memenuhi perbedaan kebutuhan yang dimiliki oleh institusi kesehatan dalam pelayanan konsumen. Sehingga mesin antrian kami telah digunakan di instansi seperti di bawah ini.

 

Dokumentasi Instalasi Mesin Antrian Rumah Sakit di Berbagai Kota

  • Pemasangan display mesin antrian juga diperlukan di apotik, tempat pengambilan obat.

Instalasi mesin antrian 1

  • Pemasangan display mesin antrian juga diperlukan di apotik, tempat pengambilan obat.

Mesin antrian Instansi Kesehatan 2

  • Instalasi mesin antrian di salah satu laboratorium medis

Mesin antrian Instansi Kesehatan 3

  • Instalasi mesin antrian di ruang pengambilan darah di puskesmas

Mesin antrian Instansi Kesehatan 4

  • Ramai para dokter menggunakan mesin antrian di seminar HOGSI.