Sistem Antrian Imigrasi


sistem antrian imigrasi penuhSistem antrian imigrasi seperti tempat pelayanan publik lainnya. Mesin antrian sangat membantu tugas kantor imigrasi yang terkait dengan masyarakat secara langsung. Salah satunya berupa pengurusan dokumen perjalanan keluar negeri. Tak heran di kantor imigrasi terlihat masyarakat mengantri dalam pelayanan pengurusan paspor.

Kantor imigrasi menggunakan mesin antrian berbagai tipe. Diantaranya adalah CCQ, software antrian multimedia komputer. Selain itu tipe TSQ, solusi Antrian dengan touchscreen. Dengan adanya mesin antrian membuat masyarakat lebih tertib dan lancar saat dilayani.

Bukan tanpa alasan kuat kantor imigrasi menggunakan meisn antrian Vorsea. Fasilitas QTransfer yang ada pada mesin antrian Vorsea menjadi pilihan yang paling banyak digunakan oleh kantor imigrasi. Fungsi QTransfer dalam pelayanan di kantor imigrasi adalah untuk memindahkan nomor antrian sesudah masyarakat dilayani di bagian kelengkapan dokumen paspor ke bagian kasir. Nomor antrian sebelumnya tetap dapat digunakan karena masyarakat tidak perlu mengambil nomor antrian baru di kasir. Dengan demikian pelayanan terhadap masyarakat menjadi lebih cepat.

kiosk sistem antrian imigrasiMulai dari alat antrian sederhana, sistem antrian standar tanpa komputer dan sistem antrian kiosk touchscreen digunakan di berbagai kantor imigrasi. Beberapa kantor juga menggunakan kiosk survey IKM (Indeks Kepuasan Masyarakat).

Pelayanan Sistem Antrian Imigrasisistem antrian imigrasi Wakatobi

Adanya perangkat sistem antrian imigrasi membuat nyaman masyarakat. Tapi jangan sampai lupa melengkapi berkas. Apalagi saat nomor antriannya dipanggil ternyata masih ada berkas yang kurang. Perlu diperhatikan kelengkapan untuk pembuatan paspor baru atau penggantian paspor.

Dokumen asli yang harus dibawa adalah:

  • Kartu Tanda Penduduk (tidak dapat digantikan SIM) yang masih berlaku. Bisa surat keterangan pindah ke luar negeri;
  • Kartu Keluarga, tidak masalah masih jadi satu KK dengan orang tua;
  • Penting! Akta kelahiran, buku nikah atau akta perkawinan, ijazah juga surat baptis;
  • Surat sebagai Warga Negara Indonesia bagi Orang Asing yang sudah mendapat kewarganegaraan Indonesia melalui pewarganegaraan atau pernyataan yang disampaikan untuk memilih kewarganegaraan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan;
  • Lampirkan surat Penetapan ganti nama jika anda sudah berganti nama. Surat keterangan dari pejabat yang berwenang.
  • Jika sudah punya paspor lama, diikutsertakan juga.
  • Ingat semua dokumen diphoto kopi terlebih dulu di rumah. Tempat photo kopi di kantor imigrasi biasanya ramai.

Berikut Kantor Imigrasi yang sudah menggunakan sistem antrian imigrasi diantaranya:

– Imigrasi Serang                                  – Imigrasi Dumai                              – Imigrasi Sukabumi

– Imigrasi Medan                                  – Imigrasi Tasikmalaya                      – Imigrasi Surakarta

– Imigrasi Bandara Polonia Medan