Aplikasi Antrian Multimedia


Aplikasi Antrian BankAplikasi Antrian multimedia CCQ merupakan mesin antrian yang menggunakan komputer sebagai pengendali utama. Penggunaan komputer memungkinkan pengembangan pelayanan terhadap pelanggan secara lebih luas tidak hanya urusan antrian pelanggan tetapi segala hal termasuk manajemen. Perangkat sistem antrian CCQ secara keseluruhan:

  • Aplikasi antrian multimedia, Qmaster, Software yang digunakan untuk mengendalikan sistem antrian secara keseluruhan. Dilengkapi database manajemen antrian dan Laporan pelayanan pelanggan.
  • Software klien, Terpasang pada komputer klien dan digunakan sebagai pengganti tombol panggil dengan pilihan menu yang lengkap
  • Software Q-Vision, Aplikasi antrian untuk database dan tampilan pada LED TV
  • perangkat interface.Aplikasi Antrian Multimedia Komputer
  • Komputer, spesifikasi yang dibutuhkan cukup intel core2duo, memory 1Gb, hardisk 200Gb, VGA 2Gb
  • LED TV. Digunakan sebagai display nomor antrian dan informasi lainnya. Perangkat ini terhubung dengan komputer. Penting untuk memperhatikan kesesuaian port yang digunakan antara LED TV dan komputer. Pastikan sama-sama memiliki port VGA atau sama-sama terdapat port HDMI. Jangan sampai komputer (biasanya komputer lama) hanya punya port VGA sedangkan LED TV yang digunakan keluaran terbaru dengan port HDMI.
  • Display utama. Penggunaannya dapat dihilangkan jika sudah menggunakan LED TV.
  • Display loket.  Display nomor antrian yang diletakkan pada tiap loket.
  • Printer Tower, digunakan untuk printer pencetak nomor antrian
  • Speaker.

Aplikasi Antrian Bank

Tipe CCQ merupakan pengembangan dari mesin antrian SQ dan SCQ. Aplikasi antrian bank merupakan yang paling populer penggunaannya diantara instansi lain. Sehingga mesin antrian bank tipe lama yang sudah digunakan dapat diupgrade dengan tetap menggunakan perangkat mesin antrian yang sudah ada menjadi aplikasi antrian bank. Aplikasi antrian memiliki fungsi utama menampilkan nomor antrian pada layar LED TV. Lain instansi beda pula cara menampilkan informasi jumlah nomor antrian yang sedang dilayani. Biasanya tiap instansi ingin menampilkan informasi lain agar pemanfaatan layar LED TV lebih maksimal. Hal ini dapat dilihat pada demo aplikasi antrian bank seperti tampilan video youtube terlampir.

Pilihan tipe CCQ terutama disebabkan sudah adanya komputer yang digunakan oleh tiap petugas. Selain itu peraturan instansi yang diterapkan memungkinkan komputer tersebut diisi oleh berbagai program yang termasuk software antrian multimedia. Terkadang suatu instansi melarang komputer yang sudah ada diinstall software dari luar. Tentunya penghematan anggaran dapat lebih dicapai melalui pemilihan tipe ini.