Laporan Manajemen Antrian


Laporan manajemen antrian (Report Management Queue System) diperlukan untuk mencari tahu kinerja petugas dalam melayani pelanggan. Apa hubungan kinerja petugas terhadap antrian yang timbul dalam suatu pelayanan pelanggan? Tingkat cekatan antara petugas yang satu dan yang lain dalam melayani pelanggan tentunya berbeda. Melalui laporan manajemen mesin antrian ini dapat diketahui perbedaan tersebut sehingga dapat diambil suatu tindakan untuk meningkatkan kinerja petugas yang kurang cekatan.

Paling tidak, ada 4 indikasi yang bisa dinilai melalui penggunaan perangkat mesin antrian Vorsea yang dilengkapi dengan Report Management Queue System. 4 hal tersebut ialah:

  • Absensi karyawan

Mesin absensi hanya mendata karyawan masuk dan pulang saja. Tetapi tidak mencatat kegiatan karyawan selama jam kerja. Penggunaan mesin antrian yang dilengkapai laporan manajemen antrian akan mengetahui aktivitas karyawan secara detail setiap saat. Kapan mulai melayani pelanggan, waktu istirahat atau bahkan jeda sejenak, termasuk selesai pelayanan.

  • Kinerja tiap petugas

Melalui laporan manajemen antrian dapat diketahui parameter apa saja yang ingin dinilai dari keseluruhan karyawan berdasarkan kinerja individu maupun kelompok. Pada akhirnya karyawan akan merasa jelas bahwa penilaian terhadap mereka berdasarkan kinerja nyata. Faktor suka atau tidak suka dari atasan tidak lagi menjadi faktor yang perlu dikhawatirkan. Apalagi laporan tersebut secara real time terkirim ke kantor pusat.

  • Kinerja tiap cabang

Penarikan laporan pada tiap cabang secara real time dilakukan oleh perangkat mesin antrian Vorsea. Sehingga kinerja tiap cabang di seluruh wilayah dapat langsung diketahui. Jika ada terjadi perbedaan hasil akhir antara cabang dapat langsung diambil tindakan. Perbaikan dapat segera dilakukan.

  • Kepuasan masyarakat

Tidak jarang ditemui anggota masyarakat yang hanya mau dilayani oleh petugas tertentu. Entah mengapa tidak mau dilayani oleh petugas lain. Padahal jika dicari tahu, tentunya petugas tertentu tersebut melayani dengan lebih baik daripada petugas lain. Dengan diketahuinya kinerja tiap petugas dan tiap cabang akan mendesak tiap petugas untuk melayani masyarakat dengan standar yang sama. Tidak ada lagi anggota masyarakat yang pilah pilih petugas yang melayani.

Ada beberapa jenis manajemen laporan mesin antrian tergantung data yang ingin diambil.

Tampilan led TV laporan manajemen antrian

Laporan mesin antrian semakin berkembang sesuai parameter yang diinginkan tiap instansi. Sejauh ini produk Rekavisitama dapat memenuhi hampir semua tipe manajemen antrian yang diinginkan berbagai instansi.

 

Tipe Laporan Manajemen Antrian

  • Laporan Antrian Sederhana

Laporan antrian jenis ini hanya melaporkan jumlah nomor antrian. Jumlah nomor antrian bisa laporan tiap loket, tiap layanan baik per hari maupun per bulan. Laporan ini bisa diambil pada sistem antrian yang menggunakan komputer atau tidak. Tetapi tidak selalu ditawarkan oleh setiap produk mesin antrian.

  • Laporan Manajemen Antrian Standar

Laporan standar yang dilakukan dengan mengambil beberapa parameter. Diantaranya adalah jumlah nomor antrian, waktu pelayanan dan waktu tunggu. Sehingga perbedaan kinerja tiap petugas dapat diketahui. Data ini dapat dijadikan salah satu dasar untuk evaluasi petugas. Beberapa tipe yang dilengkapi dengan laporan manajemen antrian diantaranya adalah CCQ dan CCQ Cyosce.

  • Laporan Manajemen Antrian Kompleks

Penggunaan aplikasi antrian yang semakin dianggap penting menyebabkan bertambahnya parameter yang diinginkan dari pelayanan di baris depan. Kompleks yang dimaksud adalah laporan manajemen antrian dikirim secara otomatis ke kantor pusat dari tiap cabang. Pertambahan parameter diantaranya diinginkannya data waktu tunggu pelanggan, waktu pelayanan petugas, Lama petugas tidak melayani dan beberapa fitur lain yang sangat berbeda antar instansi. Dengan demikian kinerja baris depan dapat langsung diketahui dan dibandingkan. Fitur aplikasi antrian ini pun menjadi semakin banyak. Diantaranya pengiriman data video langsung dari pusat, tabel interaktif dan lain-lain.

laporan mesin antrian full softwareLaporan mesin antrian semakin berkembang sesuai parameter yang diinginkan tiap instansi. Sejauh ini produk Rekavisitama dapat memenuhi hampir semua tipe laporan manajemen antrian yang diinginkan berbagai instansi.