Mesin Antrian Plus, SQ+


SQ+, mesin antrian plusPeningkatan pelayanan terhadap publik menuntut perbaikan terhadap mesin antrian yang digunakan saat ini. Penambahan berbagai fungsi yang lebih sesuai semakin diperlukan agar pelayanan lebih efektif dan efisien. SQ+ adalah tipe mesin antrian Plus berupa pengembangan dari mesin antrian standar tipe SQ. Tetap digunakan tanpa komputer dengan menambahkan fungsi Qplus. Tetapi dengan adanya perangkat Qplus membuat fungsinya lebih baik.

Perangkat Q-Plus tersebut antara lain:

  • Perangkat Q-Footer. Memiliki fungsi informasi tambahan pada bagian bawah kertas nomor antrian. Informasi tambahan sebanyak 3 baris teks dapat diedit sesuai situasi dan kondisi terkini.
  • Perangkat Q-Transfer. Dapat memindahkan nomor antrian dari jenis pelayanan tertentu (anggap saja layanan A) ke jenis pelayanan lainnya (anggap saja layanan B). Pelanggan yang sudah selesai dilayani di pelayanan A tanpa mengambil nomor antrian layanan B dapat langsung dilayani petugas di pelayanan B.
  • Perangkat Q-Store. Fungsi penyimpanan beberapa nomor yang terlewatkan karena satu dan lain hal. Sehingga pelanggan yang tidak perlu mengambil nomor antrian baru jika sudah terlewatkan.
  • Perangkat Q-Logo. Perangkat yang memungkinkan pencetakan logo di kertas nomor antrian. Sehingga identitas perusahaan dapat lebih kuat.
  • Perangkat Q-Report. Fasilitas pencetak laporan harian. Melaporkan jumlah antrian pelanggan setiap harinya.

Tujuan apa yang ingin dicapai dengan penambahan perangkat Qplus seperti di atas?

Fungsi mesin antrian plus dikarenakan perangkat mesin antrian sudah menjadi wajib digunakan di tiap pelayanan publik yang ramai melayani masyarakat. Semakin ramai pelayanan yang dilakukan semakin diperlukan perangkat mesin antrian untuk digunakan. Tetapi kompleksitas penggunaan tentunya tidak menjadi pilihan yang menarik. Alih-alih masyarakat semakin nyaman dilayani, malah petugas yang terlalu ribet mengoperasikan perangkat mesin antrian yang terpasang. Simpel, itulah fokus utama penambahan perangkat mesin antrian plus ini. Selain itu penilaian terhadap kinerja petugas juga dapat dilakukan dengan mengacu pada pelayanan petugas tersebut terhadap masyarakat saat menggunakan mesin antrian plus ini. Tentunya jika petugas dan masyarakat yang dilayani sudah terbiasa menjalankan sistem maka pilihan tipe yang lebih tinggi dapat diambil.